Jelajah
IMG-LOGO
KEGIATAN

Kiat Sukses UMKM Desa Sumber Menuju Pasar Digital

Create By Eko Kalisno 16 May 2024 123 Views
IMG

 

Era digitalisasi banyak merujuk pada kegiatan media sosial. Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh generasi millenial dan generasi Z banyak memperlibatkan smartphone dan media sosial. Kegiatan jual-beli saat ini dengan mudah dilakukan oleh masyarakat dengan menggunakan fasilitas aplikasi matket place yang telah banyak diciptakan untuk mempermudah segala bentuk traksaksi. Belum lama ini RKDD Sumber, mengadakan pelatihan dengan mengusung tema pemasaran era digital dengan judul "Pelatihan Strategi Pemasaran Digital".

Kegiatan ini ditunjukkan untuk pelaku UMKM di Desa Sumber dengan tujuan memberikan pengetahuan baru tentang dunia digitak didunia bisnis. (11/05/2024) Eko Kaliano, S.Sos., sekretaris Desa Sumber mengatakan bahwa Pemerintah Desa Sumber sudah menyediakan fasilitas pemasaran namun, banyak masyarakat yang belum memanfaatkan fasilitas yang ada.  "Masyarakat Desa Sumber seharusnya menggunakan fasilitas pemasaran yang sudah tersedia, sehingga lebih memudahkan memperkenalkan produk ke masyarakat luas. Selain itu, masih banyak potensi yang belum dimanfaatkan jadi kita harus memperbanyak peluang usaha baru," katanya.

Tim RKDD mengundang narasumber sebagai fasilitator untuk memberikan ilmu mengenai pemasaran digital. Narasumber yang diundang merupakan Owner n'dukun brownies (penjual kue brownies) yaitu saudari Theresia Dwi Utami. Beliau beralamatkan di Dusun Grogol, Desa Mangunsuko, Kecamatan Dukun. Kisah usaha beliau menjadikan alasan Tim RKDD mengundang untuk memberikan pengalamannya. Beliau merintis usaha kue brownies sejak tahun 2019, jenis kue yang dibuat memang sudah ada dipusat oleh-oleh lainnya, tetapi produk beliau memiliki keistimewaan yaitu menggunakan bahan dasar ketela sehingga membedakan dari produk laiinya.

Telo merupakan bahan dasar pangan pengganti beras yang rendah karbohidrat dan tentunya rendah kalori. Usaha rintisan ini sudah memiliki banyak pelanggan bahkan follower instagramnya telah mencapai 3000 lebih. Pasar yang telah dijangkau diarea Magelang dan Yogyakarta. Beliau memberikan pengetahuan baru ke peserta pelatihan mengenai pemasaran digital. Materi yang dimuat pada pelatihan ini meliputi pengelolaan keuangan digital, sistem pembayaran online, strategi branding, dan strategi pemasaran online. Peserta banyak menunjukan antusian yang luar biasa karena menerima ilmu baru. Selain itu, Theresia Dwi Utami juga memberikan tutorial cara membuka akun baru sebagai penjual di aplikasi Shopee. Ternyata masih banyak peserta belum memiliki dan membukan akun sebagai penjual di aplikasi Shopee. Peserta pelatihan sangat antusias ketika diajakan membuat akun, mereka merasa sangat terbantu dan memiliki ketertarikan untuk memperdalam pengetahuan cara pemasaran dishopee. Diakhir acara Theresia Dwi Utami, Owner n'dukun brownies memberikan nasihat dan masukan kepada peserta pelatihan untuk mencoba dan memperbaiki pengelolaan keuangan agar usaha yang dijalankan lebih terorganisir. "Pelaku UMKM harus mencoba semua hal dan mau memperbaiki pengelolaan keuangan sehingga usaha yang dijalan lebih terorganisir,"katanya.