IMG-LOGO
Berita Desa

GALIAN EMAS DARI LERENG MERAPI

Create By admin 08 October 2016 3 Views
IMG

Kepala desa Sumber menyulap pasir merapi menjadi hasta karya yang mahal.

Merapi terkenal sebagai salah satu gunung paling aktif di Indonesia. Disamping itu banyak kekayaan tersimpan didalamnya.pasir misalnya yang bisa dimanfaatkan oleh warga selain sebagai bahan bangunan,pasir merapi juga bisa disulap menjadi satu kerajinan bernilai seni tinggi.

Salah satunya yang dilakukan kepala desa sumber. bernama bapak Maryono untuk meningkatkan harga jual pasir dengan cara membuat kerajinan vas bunga,tempat payung,dan meja berbahan dasar pasir dan beberapa campuran lainnya seperti semen dan calsit.

Dengan demikian yang awal mulanya pasir murah,dengan dirubah menjadi sebuah kerajinan cantik yang memiliki nilai jual tinggi dimana satu vas bunga bisa dijual kisaran 50.000 - 500.000 per bijinya.

Akan tetapi lantaran keterbatasan waktu dan tenaga,kegiatan itu tidak bisa dilanjutkan,dan hanya berjalan dalam jangka waktu pendek.Hal tersebut menjadikan rasa keprihatinan dari Maryono apalagi lingkungan setempat tidak mau mengikuti jejaknya untuk merubah pasir merapi menjadi satu kerajinan yang lebih memiliki nilai jual tinggi.

Kini Maryono hanya bisa berharap kegiatan tersebut dapat dikembangkan oleh ibu-ibu di lingkungannya,sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

IMG
IMG
IMG