IMG-LOGO
Berita Desa

TOPENG DARI DESA SUMBER

Create By admin 24 November 2016 3 Views
IMG

Sumber,Dukun, Magelang 24/11/2016

Desa Sumber adalah salah satu Desa di Kabupaten Magelang yang memiliki potensi yang luar biasa. Desa di lereng gunung merapi tersebut di samping sebagai desa pertanian juga termasuk Desa Seni. Banyak seniman seniman kondang yang dilahirkan dari Desa Sumber. Kesenian tradisional adalah warisan para leluhur sehingga perlu dijaga kelestariannya, maka tidak heran kalau di Desa Sumber terdapat banyak kelompok seni dan sanggar sanggar tari, di samping itu tedapat pula pengrajin alat seni dari desa sumber seperti pengrajin alat musik dan pengrajin topeng kayu.

Surasin ( 38) salah satu pengrajin topeng dari Dusun Gumuk Sumber bercerita bahwa dia hampir setiap hari membuat berbagai jenis topeng untuk melayani pesanan, topeng yang paling sering di buat adalah topeng leak bali, barong dan sejenisnya. dia menjual dari harga 300 ribu rupiah sampai dengan 1 juta rupiah tergantung tingkat kesulitan pembuatan.

lain halnya dengan Sutopo ( 28) dia juga pengrajin topeng kayu, topeng yang banyak dihasilkan adalah kepala barong dan Ganong.untuk satu ganong dihargai 300 ribu dan untuk kepala Barong dihargai 2 jt s.d 2,5 Jt.

Mereka berharap agar semakin banyak pemesanan topeng -topeng kayu tersebut sehingga dapat meningkatkan perekonomian kususnya bagi para pengrajin dan Bagi yang berminat untuk belajar membuat topeng, membeli atau cuma mau melihat dapat datang di balai Desa Sumber dan akan di antar di tempat pembuatan topeng tersebut. atau dapat menghubungi Tim Sistem Informasi Desa Sumber dengan NO HP / WA 085 640 106 204.