IMG-LOGO
Berita Desa

Pelibatan masyarakat untuk Pencegahan Konflik

Create By admin 26 July 2018 3 Views
IMG

SID Sumber - Sebanyak 30 orang yang terdiri dari Perwakilan pemerintah Desa Sumber, Tokoh Masyarakat, Pemuda, Tokoh Agama, Babinsa, dan Babinkamtipmas mengikuti acara Focus Group Discussion di Balai Desa Sumber, FGD tersebut membahas potensi konflik sosial serta pencegahannya, kegiatan yang dilaksanakan pada hari selasa 24 Juli 2018 tersebut adalah salah satu program dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah yang mana Desa Sumber adalah salah satu desa dari dua desa di Kabupaten Magelang yang menjadi pilot project.

Sesuai Peraturan  Pemerintah Nomor 2 Tahun  2015 tentang Peraturan  Pelaksanaan Undang –Undang Nomor  7 Tahun  2012 tentang Penanganan Konflik Sosial disebutkan bahwa pemerintah dan  pemerintah sesuai dengan  kewenangannya melakukan pencegahan konflik. Pencegahan dilakukan melalui: Memelihara kondisi damai dalam masyarakat ; Mengembangkan sistem penyelesaian secara damai ; Meredam  potensi  konflik; dan  Membangun sistem peringatan dini.

Kekayaan alam  yang melimpah serta keberagaman Bangsa Indonesia apabila tidak dikelola dengan baik maka bisa menimbulkan potensi Sumber Konflik, maka dari itu Pemerintah melalui Dinas Sosial Prov Jawa tengah sangat tepat apabila membuat program tersebut karena hal itu merupakan sebuah upaya pencegahan konflik.

Sulistyorini, SST Fungsional Pekerja Sosial Dinas  Sosial PPKBPPPA Kab Magelang menyampaikan beberapa hal dalam pengantar FGD tersebut diantaranya : Memohon kepada Tuhan yang maha esa agar dijauhkan dari konflik, Meningkatkan toleransi, serta  membuat kegiatan/program bersama.

Sri widayatun salah satu peserta diskusi mengungkapkan, ia merasa senang dengan adanya kegiatan ini karena di forum diskusi ini semua elemen masyarakat melalui perwakilannya bisa duduk bersama untuk mendiskusikan hal hal positif sebagai upaya pencegahan konflik, semoga dengan kegiatan ini Desa Sumber bahkan Indonesia menjadi semakin aman dan tentram. (Eko)