IMG-LOGO
Berita Desa

Mengukur Capaian Pengelolaan Sampah di Desa Sumber

Create By admin 09 March 2017 3 Views
IMG

Sumber. Apakah itu sampah ?  sampah dapat diartikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses yang cenderung merusak lingkungan di sekitarnya. Sampah merupakan salah satu dari sekian banyak masalah sosial yang dihadapi masyarakat. Mengatasi persoalan sampah tidaklah mudah, berkaitan persoalan tersebut Pemerintah Desa Sumber sudah melakukan berbagai upaya, terbukti dalam rencana pembangunan jangka menengah Desa terdapat perencanaan program untuk mengatasi persoalan sampah, rencana tersebut sudah dapat direalisasikan selama dua tahun ini sejak tahun 2015, dengan program kebersihan lingkungan pemerintah desa melalui satgas sampahnya melakukan beberapa hal sebagai berikut :

1. Fasilitasi pembentukan bank sampah, sedekah sampah atau sejenisnya

2. Pelatihan pengelolaan sampah berbasis keluarga

3. Melakukan sosialisasi rutin di kegiatn PKK, Pengajian dan lainnya

4. Memasang papan himbuan

5. Mendirikan Titik Kumpul sampah, Gudang Sampah, dan tempat pembakaran

6. Melatih masyarakat membuat kerajian dari sampah

Program sampah di Desa Sumber belum bisa dikatakan berhasil tetapi paling tidak sebagaian masyarakat sudah semakin sadar dan paham bagaimana perbudaya hidup bersih dan sehat dengan langkah 3 R, serta di awal tahun 2017 ini Satgas sampah Desa Sumber sudah dapat memberikan laporan jumlah sampah yang dikelola di tahun 2016 yaitu sejumlah 4,4 Ton yang terdiri dari berbagai macam jenis sampah non organik untuk laporan lengkapnya bisa diunduh disini

Uang hasil penjualan sampah tersebut akhirnya kembali ke masyarakat lagi yang kemudian bisa digunakan untuk dana sosial, Kas PKK Dusun, atau sesuai hasil musyawarah awal.

Melihat persoalan sampah yang selalu ada maka program pemerintah desa tidak berhenti disitu saja, tetapi program kebersihan lingkungan tersebut selalu ada setiap tahunnya,harapannya setiap hari ada tambahan masyarakat yang sadar akan pentingnya pengelolaan sampah dengan cara 3 R, sehingga Budaya hidup bersih dan sehat dapat terwujud, yang pada akhirnya masyarakat Desa Sumber menjadi masyarakat yang sehat. (eko)

IMG
IMG
IMG