IMG-LOGO
Berita Desa

CERITA NENEK PENCARI KAYU DARI MERAPI

Create By admin 25 October 2016 3 Views
IMG

Lereng merapi yang sejuk penuh pepohonan rindang dan alamnya yang subur memberikan kehidupan bagi ribuan masyarakatnya. Banyak warga mengandalkan kesuburan dan kekayaan alam  merapi untuk mencari rejeki, Petani, Pencari kayu bakar, Penambang Pasir dan masih banyak lagi.

Mbah Rum (75 th ), adalah salah satu warga lereng merapi yang pekerjaanya adalah pencari kayu bakar, ia menceritakan sejak remaja ia memulai melakoni pekerjaan itu. Ia harus berjalan kurang lebih 3 Km untuk sampai di kebun Kaliandranya. Kayu tersebut kemudian dijual kepada orang yang membutuhkan. Ia bercerita semasa mudanya ia menjual kayu bakar dengan berjalan kaki  sampai kota muntilan yang mana jarak dari rumahnya ke muntilan sejauh kurang lebih 10 Km. Uang hasil penjualan kayu tersebut digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari – hari. Hasil penjualan satu ikat kayu  saja sudah mencukupi kebutuhan untuk  satu hari keluarganya bahkan ia bisa menabung. Ia merasa bersyukur atas rejeki yang ia dapatnya.

Banyak pelajaran yang dapat di ambil dari nenek tersebut, hidup sederhana, bersyukur dan tidak merusak alam.

Kaliandra adalah salah satu pohon yang banyak tumbuh dilereng merapi, umur 3 tahun sudah dapat ditebang untuk dijadikan kayu bakar. Setelah ditebang pohon tersebut segera bertunas, artinya sekali tanam pohon kaliandra maka akan memanen beberapa kali. Namun saat ini pekerjaan seperti nenek tersebut sudah banyak ditinggalkan masyarakat, ada beberapa alasan meninggalkan pekerjaan tersebut seperti Sudah banyak lapangan kerja yang hasilnya lebih tinggi atau karena kebun kaliandra sudah berubah menjadi padang bantak yang gersang ? ( Eko )

 

 

IMG
IMG
IMG