IMG-LOGO
Berita Desa

Pemdes Sumber luncurkan Program Keluarga Tangguh Bencana

Create By admin 27 October 2018 3 Views
IMG

SUMBER SID -  Sebanyak 60 warga Desa Sumber mengikuti kegiatan peningkatan kesiap-siagaan masyarakat dalam menghadapi bencana, kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2018 ini terasa istimewa selain karena tempat pelatihan di dalam  tenda di tengah lapangan juga mengingatkan kita semua pada sebuah peristiwa delapan tahun silam yaitu erupsi Gunung Merapi. Desa Sumber yang termasuk wilayah KRB 3 Gunung Merapi memiliki ancaman permanen dari Gunung Merapi, sehingga masyarakat perlu disiapkan untuk selalu waspada dan memahami dengan ancaman tersebut.

Purwanto , Kasi pemerintahan Desa Sumber menuturkan, Pelatihan tersebut mengangkat tema " Bangun Ketangguhan dari Keluarga" ,Keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pengurangan resiko bencana. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh keluarga  seperti perencanaan konstruksi bangunan, memilki tabungan siaga bencana, Memilki buku saku keluarga tangguh serta penguatan keimanan dan ketaqwan kepada Tuhan yang maha esa.

Para peserta pelatihan ini selain di berikan materi tentang kebencanaan, juga dilatih untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat di wilayah Desa Sumber, serta memetakan potensi yang dapat digunakan sebagai media sosialisasi pada masyarakat, sehingga dengan ilmu dan data yang sudah didapatkan para  peserta mereka dapat melakukan edukasi kebencanaan kepada masyarakat secara tepat dan evektif.

Inilah sebuah upaya yang dilakukan Pemerintah Desa Sumber , yang tidak lain tujuannya adalah untuk menjadikan masyarakat Desa Sumber menjadi Masyarakat yang tangguh, pungkasnya.