IMG-LOGO
Berita Desa

Pengajian Akbar dalam Rangka Perti Dusun

Create By admin 01 March 2017 3 Views
IMG

Sumber, Dukun, Magelang. Ribuan jamaah memadati lapangan  mengikuti pengajian Akbar dalam rangka perti Dusun di Dusun Tutup Duwur Desa Sumber, meski sempat hujan sangat lebat mereka tampak serius mendengarkan tausiah dari Bp KH Muhammad Yusuf Chudori atau lebih terkenal dengan sebutan Gus Yusuf dari Tegalrejo Magelang Rabu 1 Maret 2017.

Perti Dusun yang merupakan adat warisan leluhur adalah sebuah kegiatan positif masyarakat yang memiliki maksud mensyukuri nikmat dan karunia yang telah diberikan oleh Allah SWT, disitu banyak terkandung nilai nilai sebuah kebaikan apabila kita mencermatinya.

Dalam tausia Kyai yang lebih dikenal dengan Gus Yusuf menyampaikan bahwa Islam datang bukan untuk merusak budaya tetapi Islam datang untuk menata budaya yang sudah ada, kita sebagai umat islam harus bijak dalam menanggapi sebuah adat budaya nenek moyang, tidak boleh asal bilang musrik dan lainnya tetapi Islam harus mampu memberikan solusi. Apalagi Rosulullah SAW  telah mencontohkannya saat dakwah untuk kaum jahiliyah saat itu dan cara cara seperti itu juga dilakukan para wali tanah jawa. 

Dengan adanya kegiatan perti Dusun tersebut diharapkan semakin meningkatkan Iman dan Taqwa bagi masyarakat, sehingga keselamatan dan kedamaian dunia akhirat akan di dapatkan.