IMG-LOGO
Berita Desa

"SLAWATAN" KESENIAN TRADISIONAL DARI DESA SUMBER

Create By admin 16 December 2016 3 Views
IMG

Sumber Dukun Magelang, Desa Sumber tepatnya di Dusun Ngentak memiliki kesenian tradisional yang unik, SLAWATAN namanya yaitu sebuah kesenian yang dimainkan oleh sekelompok orang secara tim. Penari melakukan gerakan tari sambil menabuh terbang/rebana sehingga tidak perlu ada penabuh lain, dalam tarian tersebut dipimpin oleh salah satu orang yang bertugas memberikan aba - aba dan penyanyi. Aba - aba yang digunakan menggunakan bahasa yang unik, sekilas seperti bahasa belanda, Inggris, Arab, atau Jepang. Sampai saat ini belum ada yang dapat menemukan jenis bahasa apa yang digunakan tersebut. Iringan lagu menggunakan bahasa arab tetapi tidak sesuai dengan kaidah bahasa Arab, di Dusun Ngentak kesenian tersebut dimainkan rutin saat bulan maulud.

Saat ditemui pewarta desa, Murtomo (60) salah satu sesepuh kesenian menjelasakan bahwa kesenian tersebut sudah ada sejak dulu. " Aku Ngrungokke trus tak tirokke, mergane mbiyen urung ono catetan koyo seiki." mungkin karena proses belajar kesenian tersebut tidak ada buku catatan hanya melihat, mendengar maka kesenian tersebut menjadi unik seperti saat ini.

Penari kesenian tersebut saat ini usianya sudah 50 tahun ke atas, mereka berharap bahwa ada generasi muda yang mau melestarikan kesenian tersebut.

 

IMG
IMG
IMG