IMG-LOGO
Berita Desa

IMPLEMENTASI BIOGANA UNTUK PETERNAKAN AYAM DI DESA SUMBER

Create By admin 05 November 2016 3 Views
IMG

Sumber Magelang 5/11/16, Petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang mengimplementasikan BIOGANA untuk kandang ternak petelur  di Desa Sumber pada tanggal 5 November 2016, tepatnya di kandang ayam petelur milik Bapak Heruwadi di Dusun Dukuhan.

Ichtiyaryoko (38) Kasi Kesehatan Hewan Dinas Perterikan  Kab Magelang, saat ditemui di Balai Desa Sumber menyampaikan Biogana kepanjangan dari biosekuriti Tiga Warna yaitu sebuah konsep mengurangi penyebaran organisme penyakit dengan cara mengurangi kontak hewan dengan mikroorganisme, prinsip yang digunakan menggunakan tiga zona denga penjelasan sebagai berikut :

1. Zona hijau adalah jantung dari peternakan yaitu kandang tempat hidup ayam. Maka hanya yang penting dan perlukan saja yang boleh di area tersebut, dan lalu lintasnya menuntut prosedur sebagaimana ruang operasi. 

2. Zona kuning adalah area transisi antara Zona hijau ( bersih) dengan Zona merah (kotor). Akses hanya dibatasi untuk kendaraan yang penting seperti truk pakan ,DOC atau telur. Orang hanya dibolehkan ada di Zona ini setelah mandi dan ganti baju, serta menggunakan alas kaki khusus zona kuning. Zona ini lokasi menyimpan peti yang sudah bersih.

3. Zona Merah adalah zona kotor, daerah ini bebas untuk siapa saja yang melintas, dan merupakan areal luar peternakan

Dengan diterapkannya Konsep tersebut diharapkan para peternak dapat meminimalisir kerugian akibat serangan penyakit pada ternak mereka. (eko )